Kamis, 01 Oktober 2020

Ternyata Kebanyakan Orang Sukses Tidak Pernah SD, SMP, SMA, tapi S2.

 



Oleh: Desma H., S. Pd.



Percaya nggak? Ini serius. Telah banyak yang mengalaminya. Banyak pula contohnya. Orang sukses, bahkan benar-benar meninggalkan 3 hal ini. Mari kita simak lebih lanjut.

1. SD (Suka Dendam)

Orang sukses tidak pernah memasukkan ke dalam hati cemoohan orang lain. Mereka sadar bahwa mereka menjadi orang sempurna pun, cemoohan tetap akan ada.

"Hindarilah dengki, karena dengki itu menghancurkan kebaikan sebagaimana api melumatkan kayu bakar." (H.R. Abu Daud)


2. SMP (Suka Menyia-nyiakan Perkataan)

Orang sukses biasanya tertata kata-katanya.  Dia tidak punya waktu untuk bicara sembarangan, dan sia-sia.

"Sesungguhnya musibah itu adakalanya disebabkan dari kata-kata yang diucapkan." (H. R. Imam  Al-Khatib dan Imam Al-Dailami)


3. SMA (Suka Mencari Alasan)

Orang sukses tak pernah mengumpulkan alasan, untuk menunda kewajiban. Selalu gesit melakukan tugasnya. Seolah-olah ayat ini dikasih khusus dari Allah untuk mereka.

"Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), segeralah beralih mengerjakan (urusan yang lain)". (Q. S. Al Insyirah ayat 7)

Sementara orang biasa selalu mencari alasan untuk menunda pekerjaan. Sehingga mereka kehilangan keberkahan waktu.


4. S2 (Suka Senyum)

Gimana mau nggak senyum terus, orang sukses gitu loh. Semua dibawa bahagia. Dengan begitu, hati jadi lebih lega. Ada masalah, tetap senyum mengembang. Sehingga meringankan beban. Ingat, ada Allah yang akan menolong. Senyum juga ibadah paling mudah dan murah.

"Senyum engkau di hadapan saudaramu adalah sedekah." (H. R. Tirmidzi)

Orang lain ketika melihat kita tersenyum, akan memberi label bahwa kita ramah dan mudah bersahabat. Merekapun jadi ikut bahagia. Selain itu, senyum juga bermanfaat bagi kesehatan otot wajah. Tuh, manfaat tersenyum, tak hanya untuk diri sendiri, tapi juga orang lain.


Nah, sudah tahu kan ke empat hal penting di atas? Yuk, sekarang kita siapkan senyum terbaik, senyum kanan, kemudian senyum kiri. Kita tunaikan ibadah senyum. Semoga kita semua mendapat keberkahan.

Aamiin..

2 komentar:

  1. Masya Allah luar biasa, ternyata orang sukses harus S2 dulu baru bisa sukses...
    Tebarkan senyum..😁😁😁

    BalasHapus

TERIMAKASIH TELAH SINGGAH

Perjalanan hidup manusia berputar seperti roda. Suatu saat akan berhenti, bila telah tiba di tujuan. Namun, adakalanya roda itupun berhenti karena hambatan. Hidup beserta masalah adalah lumrah. Memang demikian adanya. Hidup tanpa masalah mungkin juga ada. Akan tetapi, itulah masalahnya, mengapa bisa tidak ada masalah? Normalkah?

Maka kembali pada bagaimana kita menyikapi. Terbelit dalam kerumitan, pikirkanlah solusi; bukan kesulitannya. Karena hal ini akan menjelma beban.

Serahkan pada sang Penguasa semesta, karena Allah swt maha berkehendak. Entah bagaimana penyelesaiannya, terkadang tak pernah sedikitpun terbayang dalam pikiran. Lantas untuk apa lagi ragu? Bila tak sanggup membina diri, bersama iman dan taqwa padaNya, tunggulah kebinasaan itu dari jalan yang tak disangka -sangka.




Yang Akan Dibanggakan

Yang Akan Dibanggakan
Menara Siger Lampung