Selasa, 14 November 2017

Kalau Kita Sudah Pulang



Kalau kita sudah pulang,
kembali lagi menatap langit biru, lama kita tinggalkan.
Begitu leluasa melihatnya, tanpa batasan bangunan tinggi menjulang. Hanya ada ciptaan Tuhan berbentuk segitiga yang berwarna coklat tandus. Lenyap warna surga beriring masa.

Duduk di bangku lapuk depan rumah papan. Memandangi burung – burung kecil terbang mematuk – matuk di atap rumah tetangga. Melempari merpati yang terbang rendah, mendekati manja, dan terbang lagi bersama – sama.

Masih ada awan putih berarak – arak. Bila hujan turun, pelangi tampak.
Menjelang maghrib, senja dan orang – orang berkopiah menghampiri mushola tua.

Kalau kita sudah pulang,
kita bisa menyapu teras mushola setelah ashar, menggelar karpet pudar warna.
Merapikan Al Quran yang telah cabik.
Perlahan kita buka lembarnya. Mulai dari Al Fatihah. Kemanjaan kanak – kanak mengelilingi, berebut menciumi tangan kanan.

Ketika kita pulang…

Ada banyak waktu bercerita, tentang lamanya langkah di rantau.
Didekap lamunan dan rindu, kita penuh juang yang padu.

Bila jumpa tercipta, kita telah menjadi diri nan penuh,
 menatap ke depan, membawa cita yang utuh.





Bandarlampung, 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH TELAH SINGGAH

Perjalanan hidup manusia berputar seperti roda. Suatu saat akan berhenti, bila telah tiba di tujuan. Namun, adakalanya roda itupun berhenti karena hambatan. Hidup beserta masalah adalah lumrah. Memang demikian adanya. Hidup tanpa masalah mungkin juga ada. Akan tetapi, itulah masalahnya, mengapa bisa tidak ada masalah? Normalkah?

Maka kembali pada bagaimana kita menyikapi. Terbelit dalam kerumitan, pikirkanlah solusi; bukan kesulitannya. Karena hal ini akan menjelma beban.

Serahkan pada sang Penguasa semesta, karena Allah swt maha berkehendak. Entah bagaimana penyelesaiannya, terkadang tak pernah sedikitpun terbayang dalam pikiran. Lantas untuk apa lagi ragu? Bila tak sanggup membina diri, bersama iman dan taqwa padaNya, tunggulah kebinasaan itu dari jalan yang tak disangka -sangka.




Yang Akan Dibanggakan

Yang Akan Dibanggakan
Menara Siger Lampung