Senin, 18 September 2017

Belajar Bahasa Inggris Nggak Pakai Nangis







Oleh: Desma H., S. Pd.



Ingin sekali bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Selain itu juga bisa mengerti apa yang sedang dibicarakan. Tapi, ketika sudah mulai dipelajari, bahasa Inggris cukup rumit. Apalagi kalau sudah membahas Grammar. Tenses yang banyak sekali macamnya itu. Aduhai, bisa nangis…

Jika belajar Bahasa Inggris dirasa sulit, maka sudah saatnya kita mengubah paradigma tersebut. Belajar bahasa adalah pembiasaan. Setelah dipelajari, dipraktikkan, selanjutnya bahasa tersebut harus selalu dipergunakan setiap hari. Terlebih, pada kenyataannya dalam penggunaan bahasa, ada empat skill yang harus terlibat. Kemampuan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Mengaktifkan ke empat kemampuan ini, tentu akan sangat membantu dalam mempelajari bahasa asing. 

Di sini saya akan memberikan beberapa tips untuk belajar Bahasa Inggris nggak pakai nangis. Saya juga pernah mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Itu sebab saya memilih jurusan Bahasa Inggris ketika di Perguruan Tinggi. Dari yang tidak bisa, sampai akhirnya bisa. 


  • Harus dimulai dengan niat yang tulus. Dari hati yang paling dalam. Walau badai menghadang, harus tetap tangguh berjuang. (Kenapa jadi seperti cuplikan lagu ya?) ^_^
  • Tentukan targetnya terlebih dahulu: misalnya, ingin menguasai percakapan sederhana. Ingin bisa mengerjakan soal - soal test, dan lain sebagainya.
  • Belilah satu buku panduan untuk belajar cepat. Sehingga ada tujuan jelas yang hendak dicapai.
  • Berani membuka kamus. Walaupun hanya tahu satu atau dua kosakata, tetap berusahalah untuk menebak - nebak arti kata yang lainnya. 
  • Bacalah dengan keras. Ucapkan berulang - ulang. Berlatih saja seperti Native Speaker. Dengan kita membaca berulang kali, akan melatih pembiasaan untuk lidah dan juga telinga.
  • Sering - seringlah menonton film yang berbahasa Inggris atau mendengarkan lagu yang berbahasa Inggris. Tak apa terjemahannya dengan Bahasa Indonesia, karena secara otomatis kita akan belajar tentang kosakata tertentu dan juga artinya. 
  • Bergabunglah dengan komunitas yang berkomitmen untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapannya, atau bisa juga ikut kursus di  lembaga Bahasa. Karena sebenarnya di lembaga kursus, yang menjadi motivasi seseorang untuk belajar adalah adanya paksaan dan targetan.

Nah, sederhana bukan? Tapi harus tetap bersungguh – sungguh melaksanakannya. Silahkan Dipraktikkan. Semoga berhasil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH TELAH SINGGAH

Perjalanan hidup manusia berputar seperti roda. Suatu saat akan berhenti, bila telah tiba di tujuan. Namun, adakalanya roda itupun berhenti karena hambatan. Hidup beserta masalah adalah lumrah. Memang demikian adanya. Hidup tanpa masalah mungkin juga ada. Akan tetapi, itulah masalahnya, mengapa bisa tidak ada masalah? Normalkah?

Maka kembali pada bagaimana kita menyikapi. Terbelit dalam kerumitan, pikirkanlah solusi; bukan kesulitannya. Karena hal ini akan menjelma beban.

Serahkan pada sang Penguasa semesta, karena Allah swt maha berkehendak. Entah bagaimana penyelesaiannya, terkadang tak pernah sedikitpun terbayang dalam pikiran. Lantas untuk apa lagi ragu? Bila tak sanggup membina diri, bersama iman dan taqwa padaNya, tunggulah kebinasaan itu dari jalan yang tak disangka -sangka.




Yang Akan Dibanggakan

Yang Akan Dibanggakan
Menara Siger Lampung